Senin, 25 Februari 2019

10 Kuliner Tradisional Khas Nusa Tenggara Barat yang Wajib Kamu Cicipi

Makanan Tradisional Khas Lombok, Nusa Tenggara Barat

1. Ayam Taliwang

Makanan Khas Lombok Nusa Tenggara Barat
Sumber gambar: Kompas
Kuliner khas Lombok satu ini tentunya sudah begitu terkenal hingga menjadi ciri khas kuliner paling ikonik dari Pulau Lombok. Rasanya kurang lengkap bila melancong ke Lombok tanpa menyantap Ayam Taliwang. Rasa ayamnya yang mantap, dilengkapi dengan bumbu cocol gurih membuat hidangan ini menjadi makanan khas favorit di Lombok.

2. Sate Bulayak

Makanan Khas Lombok Nusa Tenggara Barat
Sumber gambar: Merah Putih
Makanan Khas Nusa Tenggara Barat selanjutnya adalah Sate Bulayak. Nama bulayak dari sate ini berasal dari ketupatnya, yakni ketupat bulayak berbentuk bulat panjang dan dibungkus daun aren. Bumbu yang membaluri Sate Bulayak terbuat dari adonan khusus campuran kemiri dan Santan Kelapa.

3. Sate Pusut

Makanan Khas Lombok Nusa Tenggara Barat
Sumber gambar: Tokopedia
Selain Sate Bulayak, sate yang terkenal sebagai makanan khas Lombok adalah Sate Pusut. Bentuk sate ini sangat mirip dengan Sate Lilit ala Bali, lengkap dengan Tusuk Sate besar. Bedanya, jika Sate Lilit terbuat dari bahan dasar ikan, maka kuliner khas Lombok ini dibuat dari daging sapi dengan serpihan kelapa, memberikannya rasa gurih yang tiada tara!

4. Sate Rembige

Makanan Khas Lombok Nusa Tenggara Barat
Sumber gambar: Detik
Nama Sate Rembige diambil dari dari nama daerah tempat sate ini berasal: Rembige, Kota Mataram. Makanan tradisional khas Nusa Tenggara Barat ini terkenal dengan sensasi rasa bumbunya yang tajam, mengeluarkan aroma yang sangat menggoda ketika dibakar. Biasanya, Sate Rembige disajikan bersamaan dengan lontong atau nasi.

5. Plecing Kangkung

Makanan Khas Lombok Nusa Tenggara Barat
Sumber gambar: Kuliner Nasional
Makanan Khas Lombok, Nusa Tenggara Barat satu ini merupakan salah satu hidangan sayur paling populer di kalangan masyarakat NTB. Tidak lengkap rasanya menyantap hidangan Lombok tanpa ditemani Plecing Kangkung. Selain kandungan Plecing Kangkung yang pastinya menyehatkan, rasa sambalnya dijamin nendang!

6. Kelaq Kelor

Makanan Khas Lombok Nusa Tenggara Barat
Sumber gambar: Merah Putih
Selain Plecing Kangkung, Sayuran Segar yang juga populer di antara Makanan Khas Nusa Tenggara Barat lainnya adalah Kelaq Kelor. Kuliner khas Lombok ini dimasak dari daun kelor dan sayur-sayuran hijau lain yang dimasak dengan kuah bening. Selain menyegarkan, khasiat yang terkandung pada sayuran ini juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

7. Beberuq Terong

Makanan Khas Lombok Nusa Tenggara Barat
Sumber gambar: Kaskus
Buat pecinta olahan sayur terong, Beberuq Terong bisa jadi makanan khas NTB favoritmu yang baru! Andalah masakan terong dari Lombok ini dibuat dari bahan dasar lalapan terong dengan kacang panjang, dibaluri sambal tomat pedas yang lezat. Mendengarnya saja sudah sangat menggoda selera!

8. Bebalung

Makanan Khas Lombok Nusa Tenggara Barat
Sumber gambar: Masakan Dapurku
Nama “Bebalung” berasal dari kata dalam bahasa sasak, yang berarti “tenaga”. Memang kuliner khas Lombok Nusa Tenggara Barat yang merupakan olahan daging sapi lembut ini dijamin untuk menjadi sumber stamina. Sambal Bebalung sendiri biasanya terdiri dari jahe, kunyit, dan lengkuas – menghadirkan aroma dan rasa yang menggugah lidah.

9. Cerorot

Makanan Khas Lombok Nusa Tenggara Barat
Sumber gambar: Kintamani
Kue Cerorot adalah salah satu jajanan tradisional khas yang populer di NTB. Cerorot merupakan kue khas adat Sasak yang terbuat dari tepung beras, Santan Kelapa, dan gula merah. Kue Cerorot dibalut dengan janur atau daun kelapa muda yang dililit membuat bentuk menyerupai terompet.

10. Nagasari

Makanan Khas Lombok Nusa Tenggara Barat
Sumber gambar: Liputan 6
Jajanan manis khas Lombok satu ini terbuat dari Tepung Beras. Nagasari biasanya menjadi camilan favorit untuk acara-acara besar, seperti lebaran dan pernikahan. Tekstur kuliner khas Lombok Nusa Tenggara Barat ini lembut sehingga membuatnya cocok untuk semua kalangan.
Sumber:https://www.tokopedia.com/blog/travel-makanan-khas-lombok-nusa-tenggara-barat/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flora dan Fauna Khas Sulawesi Selatan

Fauna Khas Sulawesi Selatan : Julang sulawesi merupakan fauna khas Sulawesi utara. Julang sulawesi (Aceros cassidix) adalah spesies burung...